Aji Setyanto
Universitas Brawijaya
adjie_brawijaya@yahoo.co.jp
ABSTRAK
Dalam pembelajaran bahasa asing, goi (kosa kata), adalah sesuatu yang mutlak dan utama yang harus dikuasai. Pembelajaran atau penguasaan goi baru, bisa didapatkan melalui berbagai mata kuliah seperti mata kuliah bunpou (tata bahasa), dokkai (membaca), choukai (menyimak), hyoukai (menulis), maupun kaiwa (percakapan). Roleplay merupakan salah satu metode pembelajaran kaiwa yang biasanya diterapkan untuk pembelajar tingkat shokyu (dasar). Untuk pembelajar chuukyuu (tingkat menengah) atau lebih, dibutuhkan metode yang lain yang bisa merangsang penambahan pengusaan goi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui dengan cara bagaimanakah pembelajar bahasa Jepang memperoleh dan menguasai goi baru? Dan dalam pembelajaran kaiwa, sistem pembelajaran yang bagaimanakah yang bisa mengakomodasi cara pemerolehan goi yang efektif tersebut?
Hasil percobaan yang telah dilakukan terhadap 60 pembelajar bahasa Jepang, tentang penguasaan (hafal dan mampu menggunakan) goi baru, baik dalam tes kosakata maupun penguasaan dan penggunaan dalam kalimat menunjukkan bahwa goi baru yang didapatkan dengan mencari sendiri dan digunakan dalam kalimat yang merupakan pemerolehan produktif, menempati urutan pertama yang dikusai oleh mahasiswa, urutan kedua adalah goi baru yang didapatkan dengan menyimak percakapan teman, urutan terakhir adalah goi baru yang dari kamus untuk dihafalkan (pemerolehan pasif). Berdasarkan hasil tes tersebut, sistem pembelajaran yang tepat dalam mata kuliah kaiwa yang bisa merangsang pembelajar dalam penambahan penguasaan goi , selain kelas yang wajib menggunakan bahasa Jepang, adalah dengan metode memberikan tema tertentu yang bisa dikemas dalam: 1. Speech dengan tanya jawab. 2. Group presentation dengan tanya jawab. 3. Group communication dengan tanya jawab. Tanya jawab dalam proses ini adalah tanya jawab tentang topik yang sedang dibahas termasuk goi baru yang tidak dimengerti oleh pembelajar yang lain.
Keywords: goi, kaiwa, strategi pembelajaran
DAFTAR PUSTAKA
Chaer, Abdul. 2007. Leksikologi dan Leksikografi Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Dardjowidjojo, Soejono. 2005. Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Nurgiyantoro, B. 1995. Penelitian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Subana, dkk. 2000. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Tarigan H.G. 1988. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa