FIB UB Menyelenggarakan Student Outbond dengan Miyazaki University dan Kyonggi University

Program Studi (PS) Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) menyelenggarakan kegiatan Student Outbond bersama Miyazaki University dari Jepang dan Kyonggi University dari Korea dengan nama MOP (Miyazaki Oasis Project) pada Selasa (12/01/2020). Kegiatan tersebut dilakukan secara daring melalui platform Zoom yang dihadiri oleh 20 mahasiswa PS Pendidikan Bahasa Jepang FIB UB.

Bentuk dari kegiatan ini adalah pertukaran informasi dan diskusi dengan mahasiswa Jepang dan Korea. Pada awalnya, peserta dari masing-masing universitas hanya berkisar enam orang namun seiring berjalannya waktu, banyak peserta yang tertarik untuk ikut dalam kegiatan ini. Mahasiswa dari FIB UB yang mengikuti kegiatan ini sudah lolos penyeleksian melalui nilai JLPT (Japanese Language Proficiency Test) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).

Kegiatan MOP memiliki tujuan agar mahasiswa PS Pendidikan Bahasa Jepang FIB UB dapat lancar berbahasa asing dengan penutur asli. Pelaksanaan dari kegiatan MOP terdiri dari lima kegiatan, diantaranya perkenalan diri, wawancara dalam grup, mengenal lebih dalam antar anggota grup dan diskusi.

Rike Febriyanti, M.A., dosen PS Pendidikan Bahasa Jepang FIB UB, selaku pembimbing mahasiswa dalam kegiatan ini menjelaskan bahwa mahasiswa yang lolos seleksi sudah membuat grup di aplikasi Whatsapp serta sudah menyiapkan kumpulan informasi terkait budaya dari negara Jepang dan Korea. Antusiasme para mahasiswa pun dapat dirasakan dari sebelum berlangsungnya kegiatan MOP.

“Sejauh ini tidak ada kendala dalam menyiapkan kegiatan ini karena jadwal sudah tersusun secara sistematis. Hanya saja, mahasiswanya harus mempersiapkan lebih matang,” ungkap Rike. [DA/DTS/MSH/Humas FIB]