SATRANI (Sayembara Sastra dan Seni) merupakan sebuah ruang alternatif, ruang bertemu, sekaligus ruang ekspresi mahasiswa perguruan tinggi seluruh Indonesia untuk menggali potensi dan mengembangkan diri, khususnya dalam bidang sastra dan seni yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). SATRANI 2022 diadakan dengan harapan menumbuhkan berbagai kreativitas mahasiswa pada kultur budaya Indonesia di tengah situasi pandemi yang belum juga berakhir.

SATRANI 2022 diadakan secara daring dengan cara peserta mengirimkan hasil karyanya sesuai batas waktu yang telah ditentukan. Ada 15 tangkai lomba yang dikompetisikan dalam SATRANI antara lain menyanyi pop, dangdut, keroncong, seriosa, vokal grup, tari kelompok, lukis, fotografi, desain poster, komik strip, penulisan cerpen, penulisan lakon, penulisan puisi, baca puisi, dan monolog. Penghargaan yang didapatkan peserta di antaranya yaitu juara 1, juara 2, juara 3, harapan 1, dan harapan 2.

Upacara penyerahan penghargaan SATRANI dilaksanakan melalui platform Zoom Meeting pada Sabtu (4/6/2022). Dalam kompetisi tingkat nasional ini, empat mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) mendapat penghargaan SATRANI 2022.

Mereka adalah (1) Elvin Nuril Firdaus dari PS Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2019 berhasil mendapat juara 1 pada tangkai lomba penulisan puisi, (2) Moch. Fajar Izzul Haq dari PS Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2020 berhasil mendapat juara 3 pada tangkai lomba fotografi, (3) Danastri Olivia Qisthy dari PS Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2021 berhasil mendapat harapan 1 pada tangkai lomba penulisan cerpen, dan (4) Putri Savitri dari PS Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2020 berhasil mendapat harapan 1 pada tangkai lomba monolog. [kkn/dts/msh/Humas FB]