Pengembangan Konsep Ruang Terbuka Hijau Berwawasan Literasi di Desa Ngabab, Kabupaten Malang

Program Pengabdian Masyarakat di Desa Ngabab, Pujon Kidul telah berjalan sejak bulan Juli 2019. Tema yang diusung adalah pengembangan konsep ruang terbuka hijau berwawasan literasi di Desa Ngabab. Pemilihan tema tersebut didasari oleh keinginan dari kepala desa untuk penduduknya agar memiliki wawasan yang luas serta nyaman dengan tempat yang akan disediakan untuk mendapatkan lebih banyak informasi.

Desa Ngabab, apabila dilihat dari potensi sosial, potensi budaya, serta potensi alam sangatlah mendukung untuk terwujudnya konsep Ruang Terbuka Hijau (RTH). Oleh karena itu, Vanda Hardinata, M.Pd beserta tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) di Desa Ngabab memusatkan perhatiannya kepada pembangunan konsep RTH yang harapannya bisa diisi dengan program dari tim yaitu Jamila Wijayanti, M.Pd, Maulfi Syaiful Rizal, M.Pd, dan Syariful Muttaqin, M.A serta menjadi destinasi wisata edukasi di Desa Ngabab.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan observasi awal dengan tim Pengabdian Masyarakat dan telah berkoordinasi dengan Kepala Desa Ngabab, Amin Afandi, S.Pd dan kerangka desa tentang apa yang diinginkan oleh beliau untuk membuat desain mengenai RHT beserta dengan Rencana Anggaran Belanja (RAC). Selanjutnya tim mengadakan Focus Group Discussion (FGD) pada (2/7/2019) di Balai Desa. FGD dihadiri oleh tim, peserta acara, dan perangkat desa.

Pihak yang terlibat dalam program Pengabdian Masyarakat tersebut yakni Nia Budiana, M.Pd, Machrus Abadi, M.Pd, Dr. Warsiman, M.Pd, dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Arenda Tri Karona dan Firda Ma’rifatun Nisa’, serta beberapa mahasiswa KKN Tematik berjumlah 20 orang yang dibagi menjadi empat kelompok dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Jamila Wijayanti, Vanda Hardinata, M.Pd, M.Pd, Maulfi Syaiful Rizal, M.Pd, dan Syariful Muttaqin, M.A.

Dalam tahapannya, tim mengadakan pembicaraan dengan Kepala Desa dan para perangkat Desa Ngabab dengan mengajukan proposal dalam bentuk program kerja bersama. Kemudian, mereka membagi pekerjaan bersama tim dan juga para perangkat desa. Setelah itu, program pun dapat dijalankan bersama.

Terdapat kendala dalam menjalankan program tersebut yakni belum mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk memenuhi keinginan masyarakat yang belum tersampaikan di sana. Hal ini dikarenakan program tim hanya memiliki sebuah konsep, yang berarti belum bisa ter-realisasikan dalam waktu dekat.

Vanda Hardinata, M.Pd berharap agar bisa meningkatkan, mengenalkan sekaligus mempromosikan ruang terbuka hijau Desa Ngabab dengan ruang lingkup yang lebih luas. Sehingga, kebiasaan membaca ini akan dituangkan dalam kegiatan rutinitas yang akan membangun RTH sebagai salah satu bentuk penguatan literasi di Desa Ngabab, Pujon Kidul, Kabupaten Malang. (Lulu/DT/MSH/PSIK FIB)