Empat belas mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) dari berbagai program studi menampilkan drama audio atau dramaswara bertajuk ‘Sang Suami’ melalui sebuah video yang diunggah di Youtube. Penampilan ini diprakarsai oleh Yohanes Padmo Adi Nugroho, M.Hum, dosen Program Studi Sastra Jepang.

Padmo baru saja menyelesaikan pelatihan untuk dosen baru, yang mewajibkannya melakukan aktualisasi di institusi tempatnya bernaung. Ia memutuskan mengajak para mahasiswa menghasilkan sebuah karya drama dan menamainya ‘Midori No Kata Project’ yang berarti ‘Proyek Pedang Hijau’.

“Tidak ada kriteria khusus, karena Midori No Kata Project ini adalah kegiatan bagi mahasiswa yang rindu berkegiatan secara daring,” ujarnya.

Persiapan dimulai awal Juli, dengan mengumpulkan 14 mahasiswa. Setelah terkumpul ia pun membekali mereka dengan pengetahuan mengenai teater. Padmo mengadakan sebuah pelatihan teater daring dengan mengundang seorang dosen dari Institut Seni Indonesia dan seorang aktivis teater Jogja sebagai pembicara.  Kemudian, ia mengadakan latihan dasar keaktoran. Setelahnya, ia memulai latihan yang dilakukan selama dua minggu secara intensif.

Padmo dan para mahasiswa melakukan pertemuan secara daring melalui Google Meet setiap sore untuk melakukan latihan teater, latihan keaktoran, latihan pembacaan teks, hingga latihan pembacaan naskah drama sebelum melakukan rekaman yang dilakukan tanpa cut.

Dalam proses persiapan, Padmo mengalami berbagai kendala teknis terkait jaringan. Awalnya, ia berencana untuk melaksanakan pentas daring yang ditayangkan secara langsung. Namun karena kendala jaringan, ia dan para mahasiswa pun memutuskan untuk merekam penampilan dramaswara mereka dan mengunggahnya di Youtube.

Melalui dramaswara ‘Sang Suami’, Padmo ingin menyampaikan bahwa meskipun kita berada di tengah wabah, dengan teknologi yang ada, kita masih bisa menemukan hal baru, atau menemukan kembali hal lama yang dipoles menjadi baru. Sebagaimana ia melakukan penampilan drama yang tidak lumrah dilakukan secara daring, namun karena kondisi, akhirnya dapat terlaksana.

Ia juga mengaku bahwa melalui proyek ini, ia menyadari potensi mahasiswa FIB UB di dunia kesenian, khususnya pertunjukan, sungguh luar biasa. “Sayang jika padam begitu saja karena wabah,” ujarnya. Karya Padmo dan para mahasiswa dramaswara ‘Sang Suami’ dapat ditonton melalui https://www.youtube.com/watch?v=S0T9QpdvTJ8. [AVR/DTS/MSH/Humas FIB]