Sesi dengan sub tema ‘Writing to Publish: What to do and what to avoid in getting research published’ merupakan sesi terakhir dari Program 3 in 1 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) pada Jumat (10/6/2022). FIB UB juga mengundang beberapa partisipan dari Universitas Gadjah Mada untuk ikut serta di acara ini. Pembicara untuk sesi terakhir ini masih sama dengan sesi 1, 2 dan 3, yaitu Dr. Gavin Brookes.

Pada sesi ini, Dr. Brookes membahas tentang publikasi penelitian dan bagaimana cara menghasilkan publikasi yang memiliki dampak positif yang tinggi. Ia menyebutkan tiga hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan publikasi, yaitu (1) penelitian, (2) menulis, dan (3) menulis di dalam tim. Dr. Brookes menjelaskan tipe publikasi, diantaranya, Working papers, Conference Proceedings, Journal Articles, Book Chapters, and Monographs.

Dr. Brookes memberikan beberapa tips dan trik tentang bagaimana menjadi penulis dan penerbit yang baik. Hal ini nantinya akan berguna juga bagi mahasiswa FIB UB dan seluruh partisipan yang hadir pada sesi Zoom yang diikuti oleh sekitar 27 orang ini. Ia juga menunjukkan contoh potongan artikel jurnal yang sama tetapi dengan cara penulisan berbeda.

“Mintalah orang lain untuk membaca proposal atau naskah Anda sebelum Anda mengirimkannya. Ingat, Anda menulis untuk orang lain, bukan untuk diri Anda sendiri,” ungkapnya.

Dari pernyataannya tersebut, Dr. Brookes menyarankan kepada seluruh partisipan untuk selalu berhati-hati dalam menulis serta memperhatikan setiap detail penulisan agar bisa memberikan dampak positif yang tinggi kepada orang lain.

Setelah Dr. Brookes menyampaikan materinya, dosen Program Studi Sastra Inggris FIB UB, Muhammad Rozin, M.A. dan Anandya Asprillia, M.A., selaku moderator acara mempersilakan audiens untuk bertanya sehingga peserta sangat berantusias untuk melontarkan beberapa pertanyaan yang kemudian dijawab oleh Dr. Brookes dengan jelas dan singkat. [saa/dts/msh/Humas FIB]