Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di FIB UB  

Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di FIB UB  

Maulfi Syaiful Rizal, M.Pd., Ketua Program Studi (PS) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) menyampaikan bahwa saat ini, Jurusan Pendidikan Bahasa FIB UB tengah melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). UB menjalankan program ini sebagai upaya untuk menindaklanjuti serta mengimplementasikan program MBKM dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di perguruan tinggi. Pihak universitas juga diminta untuk memfasilitasi mahasiswa sesuai dengan kurikulum yang ada, agar mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus melalui program MBKM.

Adapun delapan kegiatan yang masuk ke dalam program MBKM yaitu (1) Pertukaran Pelajar, (2) Magang/ Praktik Kerja, (3) Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan, (4) Penelitian/Riset, (5) Proyek Kemanusiaan, (6) Kewirausahaan, (7) Studi/ Proyek Independen, dan (8) Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT).

Pada semester empat atau genap ini, PS Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FIB UB memutuskan untuk mengimplementasikan kegiatan Pertukaran Pelajar dengan Universitas Tidar.

Kegiatan Pertukaran Pelajar dimulai sejak Senin (22/2/2021) dan dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini akan usai pada saat semester genap berakhir sesuai dengan jadwal kuliah masing-masing universitas.

Saat ini ada 25 orang mahasiswa dari PS Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FIB UB yang mengambil mata kuliah Semantik, Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Fonologi, Teori Sastra dan Psikologi Pendidikan di Universitas Tidar. Sebaliknya, ada 30 orang mahasiswa Universitas Tidar yang mengambil mata kuliah di PS Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di FIB UB.

Selanjutnya pada semester tujuh, PS Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FIB UB akan melakukan kerja sama dengan Fakultas Bahasa dan Seni dari Universitas Ganesha. Hal ini untuk mengimplementasikan kegiatan lain dari program MBKM yaitu Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan, karena pada semester tujuh ini akan diadakan praktik pembelajaran untuk jenjang SMP atau SMA.

“Semoga kegiatan pertukaran pelajar ini mampu memberikan pengalaman pembelajaran baru di luar UB, sehingga secara tidak langsung mampu meningkatkan wawasan dan pengetahuan mereka. Semoga kegiatan ini menjadi langkah awal kami untuk terus meningkatkan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi civitas akademika PS Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,” ungkap Maulfi.

“Saya sampaikan terima kasih kepada pimpinan fakultas yang selalu mendukung dan memberikan arahan terhadap kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan Program MBKM. Serta juga kepada Bapak/ Ibu dosen di PS Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang selalu siap mendukung kegiatan ini,” pungkasnya. [KRH/DTS/MSH/Humas FIB]