FIB UB Dipercaya Menjadi Penyelenggara Tes Program IUP

Universitas Brawijaya (UB) melaksanakan tes Bahasa Inggris sebagai salah satu kriteria penilaian dalam program kelas internasional yaitu International Undergraduate Program (IUP). Pada pelaksanaan tes ini, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dipercaya menjadi penyelenggara tes yang dilakukan pada Senin (13/05/2024).

IUP merupakan program kelas internasional yang ada di tiap fakultas di UB, program ini membuka kesempatan bagi seluruh calon mahasiswa baik dalam dan luar negeri untuk dapat mengikuti pendidikan di UB pada program studi tertentu dengan kelas khusus internasional.

Terdapat dua tes yang perlu dilakukan untuk mengikuti program IUP, yaitu tes Bahasa Inggris dan tes wawancara. FIB UB melalui Layanan Bahasa dan Ekonomi Kreatif (LBEKRAF) dipercaya menjadi penyelenggara tes Bahasa Inggris. LBEKRAF bertugas untuk menjadwalkan, mengawasi, dan merekap konversi penilaian yang akan diberikan ke tim IUP UB.

Program IUP yang baru dibuka pada tahun 2024 ini, berbeda dengan Program Seleksi Mandiri UB yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, mulai dari regulasi pendaftaran, pelaksanaan tes, dan pelaksanaan perkuliahan, Program IUP berbeda dengan kelas reguler.

Tes yang telah diselenggarakan oleh FIB UB merupakan rangkaian pendaftaran gelombang pertama Program IUP. Diikuti oleh total 162 peserta tes dengan jumlah 158 orang mengikuti tes secara on-site, dan 4 orang secara on-line, tes ini dilaksanakan serentak dalam waktu yang sama, untuk peserta tes on-line yang berada di luar negeri mengikuti jam pelaksanaan tes dengan peserta tes on-site.

Sedangkan untuk gelombang kedua pendaftaran program IUP, telah dibuka pendaftaran sejak 6 Mei hingga 28 Juni 2024, dan akan dilaksankan tes Bahasa Inggris serupa pada 3 Juli 2024. [adhyaksa/dts/Humas FIB]