Kegiatan yang dimulai dari tanggal 1 September hingga 5 Oktober 2021 tersebut dilaksanakan secara virtual. Kegiatan tersebut menyuguhkan sembilan macam lomba di antaranya Mobile Legend, PUBG Mobile, Essay, Melukis, Videografi, Menulis Puisi, Stand Up Comedy, Baca Puisi, dan Menyanyi.Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) telah melaksanakan kegiatan FIB CUP 2021. Kegiatan tersebut merupakan program kerja tahunan dari Kementerian Olahraga dan Seni. FIB CUP tahun ini mengusung tema ‘Hilangkan Perbedaan, Reaksikan Kreativitas dan Sportivitas, Hasilkan Persaudaraan’. Hafizh Alghifari Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2019 sebagai Ketua Pelaksana, menjelaskan makna dari tema tersebut yaitu diharapkan sembilan prodi FIB yang berkompetisi dapat bersaing dengan penuh kreativitas dan sportivitas sehingga perbedaan–perbedaan tersebut dapat berubah menjadi persaudaraan.

“FIB CUP 2021 dilaksanakan secara daring. Kita menggunakan berbagai platform digital seperti Zoom, YouTube, Google Forms, dan Google Drive,” jelasnya.

Alghifari juga menjelaskan bahwa FIB CUP 2021 diikuti oleh mahasiswa FIB UB angkatan 2018-2020. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar karena dilihat dari banyaknya peserta dan penonton ketika kegiatan perlombaan-perlombaan sedang berlangsung.

Alhamdulillah semua berjalan lancar, terlihat dari banyaknya mahasiswa yang mendaftar perlombaan dan antusiasme para penonton. Para pendukung dari peserta juga sangat baik terlihat kompak dengan berbagai bentuk dukungan yang diberikan saat perlombaan,” tuturnya.

Alghifari menyebutkan ada beberapa tujuan dan manfaat dilaksanakannya FIB CUP 2021 yaitu sebagai sarana untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa FIB UB, membina persahabatan dan persaudaraan di dalam FIB, serta meningkatkan prestasi mahasiswa FIB UB di bidang seni dan olah raga.

“Saya harap semoga hubungan antara tiap program studi tetap terus terjaga dan hubungan di dalam internal setiap program studi juga tetap terus terjaga. Saya juga berharap semoga semakin banyak mahasiswa berbakat di FIB. Untuk teman–teman yang memiliki bakat tetapi malu atau tidak percaya diri untuk menyalurkannya, semoga di lain kesempatan kalian bisa menyalurkan bakat kalian dengan penuh percaya diri,” ungkap Alghifari.

Berlangsungnya kegiatan FIB CUP 2021 secara virtual dengan berbagai macam perlombaan dan antusiasme mahasiswa FIB UB menandakan bahwa pandemi tidak menjadi alasan untuk terus berkarya. [UK/DTS/MSH/Humas FIB]