Faculty of Cultural Studies

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 13 October 2014 , oleh admin

Jumlah Pengabdian Masyarakat dalam kurun waktu 3 tahun terakhir :

Dana Pengabdian Masyarakat dalam kurun waktu 3 tahun terakhir :

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang juga merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi telah dilaksanakan secara rutin oleh setiap dosen. Bertambahnya jumlah program studi turut memicu munculnya keanekaragaman bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir (2011-2013), bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan antara lain pelatihan / pendampingan, penyuluhan, dan kaji tindak.

Pihak fakultas terus berupaya untuk mendorong dan memfasilitasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Bentuk penyediaan fasilitas tersebut adalah hibah DPP/SPP bagi dosen. Persebaran dana ke setiap program studi memungkinkan dosen untuk menentukan tema kegiatan secara mandiri sesuai dengan bidang ilmu dengan tetap mempertimbangkan kebutuhan kelompok masyarakat yang menjadi target kegiatan. Berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan juga membuka peluang bagi FIB untuk menjajaki kerjasama dengan pihak luar. Dengan demikian diharapkan ke depannya FIB memiliki jalinan kerjasama dengan instansi lain baik pemerintah maupun swasta bahkan daerah atau desa binaan.

Seperti halnya dengan penelitian, dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat pun mahasiswa juga dilibatkan mengingat bahwa kegiatan ini juga berguna bagi mereka untuk melatih kepekaan sosial dengan mengetahui secara langsung kebutuhan riil masyarakat.